Acara Mabi Buko (Penyeduhan Hari Raya) di Nagari Cubadak Cucu Kemenakan Sutan Kebaikan (Bapak Andri) di Nagari Cubadak Tengah

Daerah
Dilihat 672

Kompasnews.co.id || pasaman
Hari raya idul Fitri telah usai tapi acara penyuduhan hari raya atau yang sering disebut mabi buko tetap di laksanakan oleh masyarakat khususnya di dua koto nagari cubadak, Pas pada tanggal 1-06-2023 kami dari media kompasnews co.id di undang oleh salah seorang pemuka masyarakat pak Erpa untuk menghadiri acara di kampung beliau di simpang kalam nagari cubadak tengah.

Acara mabi buko dilakukan oleh cucu kemenakan SUTAN KEBAIKAN, acara di gelar di rumah gadang lalu di arak ke pandan pakuburan, dalam acara halal bihalal juga di hadiri oleh anggota DPRD kabupaten SELAMAT SIMAMORA .

Dalam kegiatan ini terpapar satu pesan adat”YANG JAUH CINTO MANCINTO YANG DAKEK KUNJUNG MANGUNJUNG”
kegiatan mabi buko ini di lakukan turun menurun dari NINIK TURUN KAMAMAK ,dari MAMAK Turu ka Kami.

Jadi tradisi mabi buko tak akan punah selagi di jaga oleh masyarakat itu sendiri, acara mabi buko juga salah satu untuk mempererat tali sirahturahmi antara masyarakat dan khusus cucu kemenakan SUTAN KEBAIKAN, kegiatan mabi buko berjalan dengan tertib dan aman.

Dalam acara mabi buko di nagari Cubadak tengah kami juga berkomunikasi dengan bapak SELAMAT SIMAMORA salah satu pesan beliau dengan adanya kegiatan ini bisa menunjang hubungan kedekatan sesama masyarakat dan mempererat hubungan sirahturahmi dan juga menjaga kebudayaan yang masih ada.

Pertemuan penuh dengan kebersamaan ini di lakukan dirumah pak ERPA di depan puskesmas cubadak, Alhamdulillah dengan jamuan yang di berikan kepada kami dari media kompasnews co.id dan tamu yang ada mudah-mudahan di balas oleh ALLAH SWT, pas kami duduk duduk Alhamdulillah tak disangka juga didatangi oleh anggota DPRD kabupaten juga BAPAK RONA RIZKI.

Begitu harmonis hubungan anggota DPRD kabupaten PASAMAN dengan masyarakat .baik bapak SELAMAT SIMAMORA ATAU BAPAK RONA RIZKI, kedatangan mereka menandakan adanya kedekatan antara bapak bapak anggota DPRD kabupaten PASAMAN dengan masyarakat.

Acara ini di benarkan oleh jorong sentosa nagari cubadak tengah bapak JUSNI MALIN MUDO dan acara ini rutin dilakukan setiap tahunnya.
( koperwil SUMBAR tanjung)

You might also like