ASN Unggul dengan Kepemimpinan Adaptif di Era Disrupsi

Daerah
Dilihat 150

Samarinda Kompasnews – Dalam upaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan membuka pintu baru bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kalimantan Timur, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) menggelar kegiatan Pengembangan Kompetensi ASN dan Pembukaan Orientasi PPPK Kaltim, di Hotel Mercure Samarinda dengan tema “Kepemimpinan Adaptif di Era Disrupsi”.

Acara yang dihadiri oleh ASN JPT, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas ini pun sebagai langkah mempersiapkan ASN dan PPPK menghadapi perubahan yang cepat di era disrupsi.

Era disrupsi di lingkungan pemerintahan mengacu pada upaya untuk menghadapi perubahan dan tantangan yang signifikan dalam memberikan layanan publik dan juga berinteraksi dengan masyarakat. Perubahan tersebut seringkali dipicu oleh faktor-faktor seperti perkembangan teknologi, perubahan sosial dan demografi, serta pergeseran dalam tuntutan dan harapan masyarakat terhadap pemerintah.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, dalam sambutannya mengatakan pentingnya memiliki kompetensi kepemimpinan yang adaptif. Hal ini bisa memberi peluang yang terbaik terutama untuk problem solving di lingkup pemerintahan.

“Kemampuan beradaptasi jadi kunci. Selain itu, jadilah pemimpin yang bisa mengayomi bawahannya. Anak buah itu bagian dari diri kita sendiri. Dalam menghadapi bawahan, kita harus memiliki empati kepada bawahan. Merasakan mereka,” terang Gubernur Isran sekaligus membuka acara dengan resmi hari Jum’at (29/09/2023).

Menurutnya, para pemimpin terutama para Sekda, seluruh Kepala Perangkat Daerah di Kaltim dan Kabupaten Kota hingga Kepala Sekolah di Bumi Etam sudah cukup memiliki kompetensi Leadership tersebut. Oleh karena itu, harus terus ditingkatkan dan dibagikan kepada para bawahannya.

“But I am very happy. Untuk seluruh pemimpin di Provinsi dan Kabupaten Kota di Kaltim ini sudah bagus semua, sudah membina bawahannya. Saya bangga dan saya senang. Semoga semua akan menjadi orang-orang hebat pada saatnya,” harapnya.

Menghadirkan narasumber kompeten yakni Prof. Rhenald Kasali Ph.D., motivator dan pendiri Rumah Perubahan, para ASN dan PPPK di Bumi Etam diberi wawasan mendalam tentang adaptasi di era disrupsi.

Kepemimpinan Adaptif di Era disrupsi kini membutuhkan individu dengan kompetensi pemimpin di pemerintahan yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang tidak terduga. Dalam era disrupsi di lingkungan pemerintahan pun, kemampuan untuk mengelola perubahan, berinovasi, dan tetap responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Pemerintah yang berhasil dalam era ini akan dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada warganya dan memenuhi tuntutan yang terus berkembang.

Hadir membersamai Gubernur Isran, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Jajaran Kepala Perangkat Daerah lainnya, dan seluruh peserta. (SM h)

You might also like