Buka Bimtek Dapodik SD,Jefridin Ungkap ungkap pesan Walikota Majukan Pendidikan Batam

Daerah
Dilihat 117

Batam, kompasnews.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi membuka Bimtek Dapodik dan Pelatihan Pengembangan Tenaga Administrasi Sekolah Jenjang SD Tahun 2023 di Harmoni One Hotel & Convention Centre, Kamis (23/2) pagi.

Di depan 300 orang peserta yang mengikuti bimtek tersebut, Jefridin menyampaikan sejumlah hal. Termasuk arahan Wali Kota Batam Muhammad Rudi dalam memajukan Batam, khususnya di bidang pendidikan.

“Pak wali menyampaikan salam dan beliau mengapresiasi pelaksanaan Bimtek hari ini,” kata Jefridin.

Lanjut dia, fokus terhadap pendidikan bukan tanpa sebab. Pasalnya, pendidikan memiliki peranan yang krusial dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Tahun 2045 nanti Indonesia genap 100 tahun, tahun emasnya bangsa ini. Insha Allah di momen ini Indonesia memenuhi syarat sebagai negara maju, salah satu faktornya yakni SDM yang unggul,” terang Jefridin.

Ia menyadari, peran perangkat sekolah baik tenaga pendidik maupun administrasi dalam memenuhi tujuan tersebut sangat besar. Maka dari itu, ia kembali menyebutkan bimtek sangat diperlukan.

“Untuk mencapai sasaran adalah berada di tangan bapak ibu semua, sebagai orang yang diamanahkan mewujudkan SDM yang berkualitas,” imbuhnya.

Dalam Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, salah satu tugas daerah yakni pendidikan dasar. Jika dalam amanah undang-undang tersebut, 20 persen dari anggaran daerah diarahkan untuk pendidikan, Jefridin bersyukur bahwa di bawah kepemimpinan Rudi, Batam menganggarkan lebih dari 20 persen anggarwn pendidikan dalam APBD Kota Batam setiap tahunnya.

Dalam hal ini, anggaran tersebut diusahakan untuk terus ditingkatkan. Bukan tidak tepatnya kebijakan, akan tetapi Batam merupakan daerah yang khas dengan mobilitas manusia yang tinggi, Batam menjadi daerah tujuan pencari kerja masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Pak wali sangat berkomitmen perihal pendidikan. Mewujudkan Indonesia maju dan Batam Kota Baru, SDM menjadi sangat penting,” ungkap dia.

Ia berpesan kepada peserta yang mengikuti pelatihan hingga Sabtu (24/2/2022) ini dapat mengikuti bimtek tersebut dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian, akan banyak faedah yang bermanfaat bagi pengembangan dunia pendidikan ke depan.

“Untuk memajukan dunia pendidikan, memang tanggung jawab semua pihak. Tapi eksekutornya tergantung bapak ibu semua. Bapak Haji Muhammad Rudi ingin pendidikan di Batam sukses,” pungkasnya.(Al siregar)

You might also like