Dinas Kebudayaan Kota Sawahlunto Gelar Festival Permainan Tradisional

Daerah
Dilihat 380

Sawahlunto.Kompasnews
Dalam rangka Pemajuan Kebudayaan di Kota Sawahlunto, sesuai dengan Amanat Undang-Undang no 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, berbagai strategi terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan penyebar luasan melalui Festival.

Untuk itu Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Sawahlunto menyelenggarakan Festival Permainan Tradisional yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2023 di Museum Goedang Ransum dengan mengusung tema “Budaya Bermain Untuk Merdeka Belajar”.

“Kegiatan ini adalah repsresentasi Kolaborasi dari Kurikulum Merdeka dan Pemajuan Kebudayaan, dimana diamanatkan juga bahwa Pengarusutamaan Kebudayaan adalah melalui dunia pendidikan” kata Kepala Dinas Kebudayaan Sawahlunto, Hilmed saat dikonfirmasi awak media via WA.

Ia merinci, Festival ini berbentuk pagelaran kreativitas seni pertunjukan yang akan diikuti oleh 15 (Lima belas) Kelompok Sekolah Dasar dengan anggota maksimal 10 (sepuluh) orang tiap-tiap sekolah. Para peserta diberi peluang menggarap kreativitas yang berangkat dari minimal 5 (lima) jenis Permainan Tradisional yang ada di Sawahlunto dengan durasi 20 (menit) masing- masing kelompok. Para penyaji terbaik nanti akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dari Dinas Kebudayaan.

“Banyak harapan tertumpang melalui kegiatan ini, seperti upaya pelestrarian Permainan Tradisional sebagai Salah satu Objek Pemajuan Kebudayaan, dan juga tentunya tercapai upaya Museum sebagai Ruang Publik masyarakat Sawahlunto, dalam hal ini adalah para pelajar se-Kota Sawahlunto” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian, Sejarah dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Kota Sawahlunto, Syukri, S.Sn menyampaikan, untuk perekrutan peserta dilakukan dengan cara pemilihan sekolah tercepat mendaftar, karena memang untuk tahun in kuota yang ada sesuai dengan kemampuan fasilitasi hanya untuk 15 sekolah, sedangkan jumlah Sekolah Dasar di Sawahlunto berjumlah 66 Sekolah.

“Semoga ini menjadi langkah awal yang baik, sehingga kedepan kita bisa mengundang lebih banyak lagi sekolah yang bisa turut serta” kata Sukri.

lebih jauh ia menuturkan, pelaksanaan festival dilangsungkan pada hari Selasa tanggal 1 Agustus 2023 pukul 08:00 WIB – 17:00 WIB di Museum Gudang Ransum Kota Sawahlunto.

Berikut daftar permainan inti yang akan ditampilkan :
i. Tam – Tam Buku
ii. Lore
iii. Injit – Injit Semut
iv. Pong Katipong
v. Kucing – kucing bola bekel
vi. Do Mi Ka Do
vii. Congklak
viii. Kelereng/Gundu
ix. Patok Lele
x. Orang Kaya – Orang Miskin / Ya Oma – Ya Oma
xi. Tepuk Ampar – Ampar Pisang / Tepuk Kepiting Ali
xii. Cik Mancik
xiii. Semba Lakon
xiv. Main Kejaran
xv. Main upiah
xvi. Main Kaki Tiga
xvii. Tali Merdeka / Lompat Tali
xviii. Dll.

Yanto.Kompas News

You might also like