Generasi Muda Ikut Ambil Peran Dalam Sedekah Laut Juana

Daerah
Dilihat 134

PATI,Minggu-30-april-2023 Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro hadir untuk membuka kegiatan Sedekah Laut Juwana di Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana, Minggu (30/4). Turut hadir mendampingi Pj Bupati, Kepala Dinporapar Kabupaten Pati, Plt Kepala DPUPR, serta Camat Juwana.

Mengawali sambutannya, Pj Bupati mengatakan sedekah laut sebagai bentuk melestarikan budaya yang sudah dilakukan nenek moyang. Tradisi ini untuk mengingatkan kehidupan berdampingan dan kebutuhan akan kekayaan laut yang ada di Kabupaten Pati.

Sedekah laut tahun ini, menurut Pj Bupati bisa menjadi pendongkrak ekonomi, setelah PPKM ditiadakan. Semarak penyelenggaraan sedekah laut, diikuti masyarakat dengan antusias.
“Apa yang kita lakukan saat ini tidak hanya menghidupkan perekonomian di Kabupaten Pati saja, namun juga di Jawa Tengah,” ujarnya.

Lebih lanjut Henggar mengatakan sedekah laut tidak hanya untuk melestarikan budaya, namun juga untuk menghibur masyarakat dengan rangkaian pawai dan tradisi lomban perahu naga.
“Pada dunia luar kita tunjukkan bahwa di Pati ada tradisi sedekah laut, ada juga lomban perahu, yang juga bentuk dukungan untuk menyambut Porprov di bulan Agustus nanti,” jelas Pj Bupati.

Pj Bupati juga mengapresiasi segenap panitia yang bekerja keras mempersiapkan kegiatan besar ini. Tak lupa ia berpesan bagi para remaja agar turut andil dalam kegiatan untuk meneruskan penyelenggaraan tradisi di masa mendatang.
“Semoga kegiatan ini mampu memberi motivasi bagi para remaja untuk meneruskan tradisi sedekah laut, juga menjaga kebersihan aliran sungai, menjaga lingkungan sekitar sungai agar terhindar dari bencana dan mara bahaya,” pesannya imbuhnya ( wwhyu )

You might also like