Kwarcab Batam lakukan persiapan seleksi kontigen Batam untuk Raimuna Nasional XXI tahun 2023 di Jakarta

Daerah, Nasional
Dilihat 139

Batam,Kompasnews.co.id- Dalam rangka persiapan seleksi kontingen Kota Batam menuju Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023, yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 21 Agustus mendatang, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Batam akan segera melaksanakan seleksi peserta tingkat Kota Batam.

Raimuna Nasional sendiri menjadi salah satu kegiatan pertemuan terbesar untuk Pramuka Penegak dan Pandega tingkat nasional setiap lima tahun sekali. Rainas XII tahun 2023, nantinya akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin Hamid memimpin jalannya rapat persiapan seleksi peserta Rainas yang akan menjadi wakil Kota Batam di kancah nasional tersebut, di Kantor Wali Kota Batam, pada Kamis (23/2/2023).

“Alhamdulilah persiapan menuju Raimuna Nasional sudah matang, anggarannya ada dikegitan Dinas Kepemudaan dan Olahraga. Transportasi ditanggung semua, baik udara dan darat serta ada uang saku,” ujar Jefridin.

Jefridin berharap, sebanyak 12 Kwartir Ranting di Kota Batam masing- masing dapat mengirimkan kontingennya, yang kemudian 4 orang peserta diambil dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Batam.

Seleksi tingkat Kota Batam sendiri nantinya akan dilaksanakan pada 11 s.d. 12 Maret 2023, bertempat di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Batam. Dengan total peserta seleksi sebanyak 40 orang putra dan putri. Dan jumlah kontingen yang akan terpilih untuk berangkat sebanyak 8 putra dan 8 putri.

“Untuk itu karena ini kegiatan bergengsi bagi Pramuka Pandega dan Penegak makanya harus pilihan, dan karena terbatas sepakat ada utusan masing- masing Kwaran. Yang terpilih sebanyak 16 orang, saya setuju ada perkemahan di sanggah untuk menciptakan kekompakan,” tegas Jefridin.

Sedikit bercerita mengenai pengalamannya saat mengikuti Raimuna dahulu, Jefridin mengaku hingga kini masih memiliki rekan
dari Amerika dan Australia, dan untuk Raimuna tingkat nasional ia masih banyak memiliki rekan yang aktif di pramuka seperti dirinya.

“Pesan saya mohon bawa, jaga baik dan harumkan nama Batam. Tunjukkan kreatifitas yang sekaligus mempromosikan Kota Batam. Kalian harus dapat menjadi duta Batam, tunjukkan potensi Batam serta budayanya dan tarik mereka untuk berkunjung ke Batam,” pesan Jefridin.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Zulkarnain, seluruh Kwartir Ranting, serta pengurus Kwartir Cabang Batam.(Al siregar)

You might also like