Pimpin Upacara Hari Jadi, Pj Bupati Pati Ajak Masyarakat Dukung Gelaran Porprov XVI

Daerah
Dilihat 113

Jateng – Upacara Hari Jadi Kabupaten Pati digelar di Alun-alun Simpang 5 Pati, Senin (7/8).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Pj Bupati Pati, dan dihadiri jajaran Forkopimda, Sekda Pati, Kepala OPD beserta jajarannya, ASN Pemkab Pati, Camat se-Kabupaten Pati Jawa Tengah serta peserta upacara dari berbagai elemen.

Saat memberikan amanat upacara, Pj Bupati Henggar Budi Anggoro menyampaikan di usia ke-700 tahun, Pemkab Pati akan terus berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi sumberdaya yang dimiliki. Ia mengungkapkan berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Pati untuk memajukan kabupaten ini.

Kejayaan Kabupaten Pati tentu tidak terlepas dari pendahulunya, untuk itu Henggar berpesan kepada seluruh peserta upacara agar mengingat upaya pendahulu dalam membangun Kabupaten Pati.

“Sudah sepatutnya kita tidak melupakan bagaimana kerasnya perjuangan para pendiri, pahlawan dan tokoh-tokoh pembangunan yang telah berjasa”, ucap Henggar.

HUT Kabupaten Pati pada tahun ini akan disemarakkan dengan berbagai hiburan yang dipusatkan di Alun-alun Simpang 5 serta Festival Kirab Budaya pada Senin malam. Kemeriahan tersebut bukan hanya sebatas seremonial, namun juga menarik antusiasme masyarakat serta menjadi peringatan hari jadi yang dapat dimaknai.

Bertepatan dengan HUT Pati, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Pati yang telah berhasil menggelar Opening Ceremony dalam ajang olahraga paling bergengsi di Jawa Tengah, Porprov XVI 2023.

Besar harapan Henggar agar Kabupaten Pati semakin dikenal luas yang nantinya akan berdampak pada kemajuan masyarakat di segala aspek.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberikan dukungan dan doa terbaik agar gelaran Porprov berjalan dengan sukses serta seluruh atlet Kabupaten Pati mampu menorehkan prestasi, sehingga nantinya kita akan lebih dikenal luas”, ajak Henggar.

Kabupaten Pati terus berkomitmen untuk memperbaiki infrastruktur dan transparansi dalam pengelolaan keuangan yang berhasil dibuktikan salah satunya melalui penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) delapan kali berturut-turut tahun 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI perwakilan Jawa Tengah.

Selain itu, Kabupaten Pati juga berhasil memboyong piala “BerAKHLAK” yakni Juara 3 Pemerintah Kabupaten dengan Indeks Implementasi BerAKHLAK dan Top 10 Nilai Akuntabel.

Selanjutnya, dalam puncak Hari Kearsipan ke-52 yang digelar di Banyuwangi, Pati juga berhasil meraih peringkat pertama penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Nasional (SJTN).

“Prestasi seperti ini harus terus dipertahankan, sehingga dari peningkatan kualitas kinerja serta pelayanan bagi masyarakat akan berdampak kepada meluasnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah”, tegas Henggar.

Menyongsong tahun politik mendatang, pada upacara ini dilakukan penandatangan deklarasi pemilu damai oleh Kepala OPD, Ketua IPSI Kabupaten Pati, Dinporapar, serta KONI Pati yang disaksikan langsung oleh Pj Bupati Pati bersama Forkopimda.

Terakhir, dalam amanatnya Henggar memberikan ucapan Hari Jadi Kabupaten Pati. “Saya ucapkan Dirgahayu Kabupaten Pati ke-700, mari kita bergerak bersama, bersinergi mewujudkan Pati makmur dan Pati sejahtera”, pungkasnya.

Usai upacara, Pj Bupati Pati beserta jajaran Forkopimda dan para ASN Pemkab Pati bertolak melakukan ziarah ke makam Bupati Pati pertama, yakni Adipati Tombronegoro yang terletak di Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati. (Anggoro,is )

You might also like