Pj Bupati Titipkan Satu Ekor Sapi Qurban di Masjid Baitunnur

Daerah
Dilihat 128

PATI,Kamis,-29-juni-2023 Sudah dua tahun ini masyarakat Pati berbondong – bondong mengikuti solat iduladha di Masjid Agung Baitunnur, Alun – Alun Pati setelah sebelumnya terdapat pembatasan aktivitas karena covid – 19.

Tak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, solat Iduladha 1444 H di tahun 2023 ini, masyarakat tumpah ruah mengikuti rangkaian solat id hingga di luar pelataran bahkan sampai di jalan raya.

Selain penyelenggaraan solat Iduladha, Masjid Agung Baitunnur Pati juga menerima penyembelihan serta mendistribusikan hewan kurban.

Ketua Takmir Masjid Agung Baitunnur Pati, Arwani menyampaikan bahwa di tahun 2023 / 1444 H ini, takmir masjid menerima amanat tiga ekor sapi dan lima ekor kambing untuk disembelih dan didistribusikan. Satu ekor sapi diantaranya merupakan titipan dari Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro.

“Penyembelihan dilaksanakan usai solat iduladha, yaitu jam 08.00 WIB. Sedangkan untuk pendistribusiannya kepada masyarakat sekitar, fakir miskin yang datang ke Masjid Agung Baitunnur serta mereka yang sudah memasukkan proposal – proposal baik dari musola maupun lembaga – lembaga lainnya”, ujarnya saat ditemui usai solat iduladha.

Pihaknya menyebut, dari sejumlah hewan kurban yang dititipkan ke pihak takmir tersebut, diperkirakan sekira 1000 bungkus daging. Dan tiap bungkusnya sebanyak 1/2 kilogram daging.

Sebelumnya saat pandemi, pihak takmir melaksanakan penyembelihan di rumah jagal di Desa Blaru. Baru kali ini setelah pandemi panitia menyelenggarakannya lagi di Masjid Agung Baitunnur.

Pihaknya pun mengakui bahwa di tahun ini, memang ada penurunan penitipan hewan kurban ke takmir. Sebelumnya, bisa mencapai 4 ekor sapi dan 10 – 15 ekor kambing.
“Saat ini memang kita baru kembali menyelenggarakan,” jelasnya.

Staf ahli Sutikno Edi mewakili Pj Bupati Pati dalam sambutannya mengatakan, Bulan Dzulhijjah merupakan bagian dari bulan yang dimuliakan. Dalam bulan ini, terdapat waktu-waktu tertentu untuk menjalankan amalan istimewa yang tidak dilaksanakan di bulan-bulan lainnya.

Apalagi di tahun depan akan menghadapi tahun politik dimana perhelatan pemilihan umum akan diselenggarakan secara serentak. Untuk itu ia mengajak masyarakat mampu berkontribusi dengan berpartisipasi aktif, bersinergi, serta saling meredam ego pribadi.

“Agar pemilihan umum 2024 nanti dapat berjalan sesuai marwahnya demi terpilihnya pemimpin-pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita bersama yakni masyarakat Kabupaten Pati yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” lanjutnya.

Sutikno mengajak seluruh Umat Muslim di Kabupaten Pati, agar melantunkan doa dan harapan terbaik bagi para jemaah yang sedang melaksanakan rangkaian ibadah haji. Apalagi untuk tahun ini banyak jemaah haji usia lanjut yang berangkat ke tanah suci.

“Mari kita doakan agar para jemaah senantiasa diberikan kemudahan, kesehatan, kelancaran, keberkahan dan keselamatan selama menjalankan serangkaian rukun, wajib, dan sunnah haji hingga dapat kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur,” ajaknya.imbuhnya ( wwhyu )

You might also like