Sukses Cetak Prestasi Indonesia Pintar,Kadisdik Sumbar Terima Penghargaan Merdeka Belajar.

Daerah, Pendidikan
Dilihat 277

Jakarta Kompasnews.co.id ||
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berhasil mencatat prestasi gemilang dengan meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Transformatif Kategori Program Indonesia Pintar dalam ajang Anugerah Merdeka Belajar 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pada malam puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar dan Hari Pendidikan Nasional di Gedung Trimurti, Prambanan, Yogyakarta, Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, memberikan penghargaan tersebut secara langsung kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Barlius, yang mewakili Gubernur Mahyeldi.

Barlius, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian. Ia mengakui bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari kerja bersama dan dukungan semua pihak yang terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ket photo: Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Barlius MM, bersama Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Dengan dukungan yang luar biasa dari kita semua, Sumatera Barat mendapatkan Penghargaan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam kategori Pemerintah Daerah Transformatif Program Indonesia Pintar,” ujar Barlius pada Selasa (30/5/2023).

Ia juga menegaskan komitmen pihaknya untuk terus bekerja keras guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Barat melalui upaya merdeka belajar.

Penghargaan Pemerintah Daerah Transformatif Program Indonesia Pintar (PIP) diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berhasil meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan bantuan tunai kepada anak-anak usia sekolah (6 hingga 18 tahun) dari keluarga miskin dan rentan miskin yang terdaftar sebagai Pemilik Kartu Keluarga Sejahtera di tingkat Pemerintah Daerah Provinsi.

Dalam sambutannya, Menteri Nadiem Makarim menyatakan bahwa program Merdeka Belajar merupakan jalan yang mengarahkan masyarakat untuk mendekati cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

“Dengan diluncurkannya program Merdeka Belajar, kita semakin mendekat pada cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang mengarahkan potensi, minat, dan bakat peserta didik agar dapat mencapai tingkat keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai manusia dan anggota masyarakat,” kata Nadiem.

Dalam momentum Puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar ini, Kementerian memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam kesuksesan program Merdeka Belajar.

(Redaksi)

You might also like