Upaya Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja, Pemko Batam Sukses Gelar Pelatihan Kursus Menjahit Asisten Pembuat Pakaian Level 1

Daerah
Dilihat 182

Batam Kompanews – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. mewakili Wali Kota Batam secara resmi menutup Kegiatan Pelatihan Kursus Menjahit Asisten Pembuat Pakaian Level 1. Kegiatan Pelaksanaan Pelatihan, Berdasarkan Unit Kompetensi Dinas Tenaga Kerja Kota Batam LPK Baiti Tahun Anggaran 2023, di Komplek Pertokoan Mall Top 100 Tembesi, Sagulung, Senin (3/7/2023).

“Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Pembina Ibu Marlin menitipkan salam dan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja,” kata Jefridin membuka sambutannya.

Jefridin menjelaskan, peningkatan kompetensi ketenagakerjaan salah satunya sebagai upaya peningkatan keterampilan para pencari kerja, dan peningkatan keterampilan para pekerja. Dimana dana pelaksanaanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), yang 70 persennya berasal dari dana Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA).

“Sesuai Undang- undang yang kemudian diturunkan ke Peraturan Daerah Pemerintah Kota Batam, bahwa setiap tenaga kerja asing di Batam wajib memberikan kontribusi terhadap daerah. Berapa yang diterima dari IMTA akan diberikan untuk pelatihan meningkatkan ketenagakerjaan di Kota Batam,” katanya.

Jefridin berharap pelatihan yang dilaksanakan selama tujuh hari ini dapat bermanfaat bagi para peserta, untuk membuka usaha dan lapangan pekerjaan. Dimana sesuai harapan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi agar masyarakat dapat mengambil andil dan memanfaatkan dampak positif dari pembangunan infrastruktur.

“Semoga bisa membuka usaha sendiri guna meningkatkan ekonomi keluarga, agar otomatis kesejahteraan masyarakat meningkat sesuai harapan dan impian Pak Wali ditiap sambutannya untuk ambil manfaat dari pembangunan,” ujarnya.

Ia menyampaikan, masifnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Kota Batam tidak lain guna menciptakan akses dan kenyamanan bagi investor juga wisatawan domestik hingga mancanegara.

“Investor kalau kita bangun Batam cantik dan indah, maka tidak segan menanamkan investasinya dan kesempatan lapangan pekerjaan akan terbuka, salah satunya akan dibuka pabrik kaca terbesar di Pulau Rempang dan Galang yang akan menyerap ribuan tenaga kerja,” kata Jefridin.

Menutup sambutannya, Jefridin menyampaikan Pesan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi untuk bersama dengan Pemerintah menjaga Batam agar tetap aman dan kondusif, juga turut menjaga keindahan Kota Batam.

“Mari jaga kebersihan, jalan sudah bagus kita rawat bersama. Jangan lupa manfaatkan kesempatan dan peluang dari pembangunan dengan keterampilan yang kita miliki. Atas nama Pak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi kegiatan ini resmi ditutup,” tutupnya.

Selanjutnya Jefridin mengunjungi langsung Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Baiti Kursus Menjahit, bertempat di Ruko Mall Top 100 Tembesi Blok H2 No.30.

(As H)

You might also like