Bupati Labuhan Batu Mambuka Focus Group Diskusion (FGD)

Daerah
Dilihat 115

Dalam proses Pembangunan diperlukan pengambilan keputusan, salah satu alat pembuat keputusan adalah data statistik yang baik.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Sosial dan Kesra Ir. Jumingan saat mewakili Bupati membuka Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Labuhanbatu dalam Angka (LDA) 2023 dan Rilis Hasil SP2020 Lanjutan Badan Pusat Statistik Labuhanbatu di Aula Hotel Platinum, Rabu (15/2/2023).

Jumingan mengatakan Publikasi LDA 2023 adalah cerminan dari pembangunan yang telah dilakukan, sehingga perlu dipastikan kebenaran dalamya.

Karena data tersebut akan dilihat oleh konsumen data yang tidak hanya di Labuhanbatu namun seluruh nasional dengan adanya kemajuan teknologi informasi.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanabtu, saya Apresiasi kepada BPS Labuhanbatu yang telah berupaya menerbitkan publikasi LDA 2023 lebih awal. Sehingga data-data tersebut dapat memberikan manfaat untuk evaluasi perencanaan pembangunan bagi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu,” ucap Jumingan.

Ia juga berharap FGD ini dapat memberikan manfaat, meningkatkan kualitas data LDA 2023, dan memastikan bahwa data sudah layak cetak, dan menerima masukan dari para peserta.

“Kepada para OPD, instansi pemerintah dan swasta, agar terus berkoordinasindnegan BPS untuk menyediakan data statistik. Pengumpulan data statistik adalah tnggung jawab kita semua yang ada di Kabupaten Labuhanbatu,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPS Labuhanbatu Rahmat Gustiar, S.Si, M.Si mengatakan Publikasi LDA berisikan data statistik dasar, yang datanya besumber dari statisitik BPS yang dilengkapi data statistik sektoral dari opd dan instansti swasta di Labuhanbatu.


Ia menambahkan tujuan dilakukannya FGD ini adalah untuk mengupayakan kualitas data publikasi labuhnabatu meingkat, Rekonsiliasi data, dari opd dan instansi yang ada di sekitat Pemerinta Kabupaten Labuhanbatu. Memastikan bahwa publiksi yang dilakukan sudah layak cetak.

“Terima kasih kepada seluruh OPD yang telah memberikan datanya untuk penyusunan LDA 2023. Kami berupaya untuk memenuhi keinginan konsumen data, untuk rilis lebih depat, sehingga lebih dapat bermanfaat,” tutupnya.

Usai memberikan sambutan, Staf Ahli Jumingan dan Kepala BPS Labuhanbatu memberikan Penghargaan kepada Instansi produsen data sektoral terbaik dalam penyampaian data untuk lda 2023, yakni

  1. Dinas PUPR
  2. Satpol PP
  3. Pelabuhan Tj. Sarang Elang.

Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi panel bersama.

Kabid KIPS Diskominfo Labuhanbatu Indra Sutan Harahap, ST mengenai Statistik Sektoral dan Koordinator Fungsional BPS Labuhanbatu Safar Siregar, S.St., MM., mengenai Hasil Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi rekonsiliasi data masing masing.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPS Labuhanabtu beserta jajaran, Kabid KIPS dan Kabid E-Government Diskominfo Labuhanbatu, para peserta yang merupakan perwakilan dari tiap opd dan instansi yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, dan hadirin undangan lainnya. (dk)

You might also like