Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Pastikan Arus Mudik Lancar

Daerah
Dilihat 11,053

PATI,Jum at 14 april 2023 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek Jembatan Juwana yang sudah mulai dibuka sejak 1 April 2023 lalu.

Pihaknya memastikan lalu lintas di sekitar Jembatan Juwana kembali lancar untuk kesiapan arus mudik lebaran tahun ini.

“Jembatan Juwana kami cek sudah jadi, bahkan sudah dimanfaatkan. Ini kita lihat penumpangnya sudah kayak gini, dan memang ternyata traffic-nya di sini tinggi sekali. Maka kalau kemarin macetnya luar biasa, ya wajarlah,” jelas Ganjar, seusai mengecek Jembatan Juwana, Jumat, 14 April 2023.

Menurut Ganjar, traffic di jalur Juwana-Rembang, khususnya yang melintas Jembatan Juwana, memang cukup tinggi. Kemacetan akibat perbaikan jembatan tempo hari, menjadi catatan untuk kesiapan jalur mudik.

“Sekarang ini kami coba periksa dan cek untuk memastikan selama lebaran nanti. Ini pasti lancar, nanti akan saya cek yang di depan di Batangan ini kondisi jalannya seperti apa. Mestinya memang sudah selesai dari tadi pagi, sehingga harapan kami lancar,” lanjut dia.

Berdasarkan pantauan di Jembatan Juwana, arus lalu lintas cukup padat. Jembatan yang baru diperbaiki oleh Kementerian PUPR itu sudah dibuka dua lajur.

“Kalau kami lihat, ini satu ruas kami tutup saja, ternyata kemacetannya luar biasa. Jadi, kalau kemudian kemarin nggak ada jembatan ini, ya wajar macet luar biasa. Mudah-mudahan menjadi solusi untuk melancarkan seluruh arus lalu lintas,” katanya.

Untuk diketahui, Jembatan Juwana sisi utara sempat terbakar pada Mei 2022 lalu. Imbasnya, kondisi melengkung, dan jembatan yang berusia 50 tahun lebih itu ditutup.

Pembangunan jembatan sempat akan dilakukan pada Juni 2022 lalu, namun, tertunda karena belum siapnya jalur alternatif. Hingga pada akhirnya Juli 2022, proses pekerjaan bangunan Jembatan Juwana sebelah utara dilakukan.

Gubernur Ganjar Pranowo beberapa kali melihat langsung progres perbaikan Jembatan Juwana, dan menargetkan selesai pada akhir Maret. Sesuai rencana, pada 1 April 2023 lalu Jembatan Juwana dibuka untuk satu lajur, sebab masih ada finishing di bagian kanan kiri jembatan. Setelah finishing selesai, Jembatan Juwana kini sudah dibuka dua lajur.

“Kalau ini, iya dua lajur, tapi one way saja, nanti dari sana akan putar. Insyaallah lebih lancar,”Ganjar.imbuhnya (wwhyu)

You might also like