Kaltim Fair ke-13 Dibuka! Gubernur: Ajang Membangkitkan Ekonomi Rakyat!

Daerah
Dilihat 117

Samarinda,kompasnews.co.id- Event pameran paling dinanti tahun ini, kembali dibuka. Bertajuk Explore Borneo Kaltim Fair 2023, penyelenggaraan pameran akbar ini mengusung konsep ekshibisi yang menggabungkan sektor perdagangan, investasi, pariwisata, otomotif, properti, fesyen dan kriya.

Tak kurang sebanyak 180 stan pameran berpartisipasi meramaikan event tahunan kebanggan Kaltim ini. Baik dari lingkup Perangkat Daerah (PD) tingkat provinsi, kelompok swasta, lembaga pendidikan, institusi keuangan, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Gelaran Kaltim Fair terhitung telah dilaksanakan sebanyak 13 kali yang dihelat setiap tahun. Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor pun memuji penyelenggaraan Kaltim Fair sebagai ajang membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan Borneo Explore Kaltim Fair ini menjadi ajang informasi dan komunikasi yang baik dalam meningkatkan dan memajukan pertumbuhan perekonomian. Terutama bagi para pengusaha UMKM,” kata Isran saat membuka Borneo Explore Kaltim Fair di Samarinda Convention Hall, Kamis (2/3/2023) sore.

Mantan Bupati Kutai Timur (Kutim) ini berharap, pelaksanaan Kaltim Fair dapat menjadi upaya dalam memperbaiki kondisi perekonomian rakyat di level UMKM.

Dalam kesempatan itu, Isran juga berpesan kepada seluruh pengusaha, terutama pelaku UMKM agar mampu beradaptasi dalam memacu dan meningkatkan kapasitas produksi dan usahanya. Hal ini dimaksudkan, agar pelaku UMKM lokal dapat bersaing secara nasional menjelang pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Bumi Etam.

“Sebab ke depan Kaltim akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat perubahan peradaban bangsa Indonesia. Daerah kita akan menjadi titik sentral pembangunan yang selama ini terkonsentrasi di Jawa,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini.

Di tempat yang sama, Direktur PT ADW Bersaudara, Windi Wardani selaku Event Organizer (EO) Kaltim Fair 2023 menyebutkan, stan pameran dibuka selama lima hari. Sejak Kamis (2/3) hingga Senin (6/3) setiap pukul 10 pagi sampai dengan pukul 10 malam.

“Kaltim Fair ini menampilkan indikator keberhasilan dan pembangunan selama masa lima tahun kepemimpinan Gubernur

Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi. Serta pencapaian kerja SKPD, BUMD, dunia usaha, perusahaan PMA/PMDN, institusi pendidikan, dan perbankan,” terang Windi.

Selain pameran, event Kaltim Fair juga akan diisi dengan kegiatan Jalan Sehat dan hiburan rakyat dengan mendatangkan artis ibu kota, Tyo Satrio.

Seremoni pembukaan Kaltim Fair ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Kepala DPMPTSP Puguh Harjanto, Kepala Diskominfo Muhammad Faisal, dan perwakilan Pemerintah Kota Samarinda serta sponsor acara. (KRV/pt)

Simak juga berita ini di laman resmi Diskominfo Kaltim dengan tautan: https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/kaltim-fair-ke-13-dibuka-gubernur-ajang-membangkitkan-ekonomi-rakyat.(S hrp)

Sumber Diskom Kaltim.

You might also like