Kebersihan dan Perbaikan Kemasan Harus jadi Perhatian Pelaku IKM

Daerah
Dilihat 115

Sendawar Kutai Barat,kompasnews.co.id – Para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dituntut untuk memperhatikan beberapa hal.

Meminta pelaku IKM di Kubar, agar mendorong pelaku UKM di Kubar untuk terus berinovasi dan berkreasi. Serta membenahi UKM dengan memperbaiki kemasan dan juga memperhatikan tempat outlet usaha yang ditempati.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kutai Barat (Kubar), Edyanto Arkan
belum lama ini.

Meskipun outlet usaha yang dimilliki pelaku usaha tidak mewah, tetapi dibuat rapi dan semenarik mungkin. Tidak hanya itu, dirinya menyebutkan di sekitar outletnya perlu ditingkatkan kebersihan. Hal ini supaya menarik pasar dan minat pembeli para konsumen.

“Kebersihan di sekitar outlet itu sangat penting dan itu merupakan daya tarik sendiri. Jika diperhatikan jenis-jenis produk UKM dari luar Kubar seperti di Kabupaten Berau, tidak terlalu jauh berbeda dengan produk UKM Kubar. Tetapi, ada satu hal adalah dalam menjajakan produknya. Yakni, memerlukan strategi atau teknik menjajakan produk tersebut, sehingga terlihat menjadi baik,”bebernya.

Menurutnya yang perlu diperhatikan seperti di outlet (tempat penjualan), tidak usah terlalu mewah. Tetapi desain atau bentuknya menarik dan kebersihannya tetap dijaga. Dengan kebersihan itu juga, otomatis masyarakat yang melihat akan tertarik. Tempat UKM kita juga ada, kalau dibenahi lagi akan menarik lebih besar pada masyarakat atau pembeli.

“Begitu juga aspek kebersihan produk, khususnya makanan yang akan menjadi oleh-oleh harus dijaga dari seluruh rangkaian produksi. Mulai pengemasan, penyimpanan hingga tahap penjualan,”pesannya tegas. (Sl hrp)

You might also like