Ketua DPRD Ali Badrudin Pati Minta Anggota BPD Tingkatan Kinerjanya

Daerah
Dilihat 269

Jateng – Ketua DPRD Kabupaten Pati Jawa Tengah, Ali Badruddin meminta Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk meningkatkan kinerjanya sesuai dengan tupoksinya.

Hal itu disampaikan Ali Badruddin pada acara Silatkab dan Halal Bihalal BPD Kabupaten Pati, Sabtu (20/05/23), di Gedung Haji, Jalan Sudirman Km 3 Pati.

“Supaya Anggota BPD meningkatkan kinerja sesuai tupoksinya, paska kenaikan tunjangan”, pinta Ali Badruddin.

Lebih lanjut Ali meminta, agar BPD bisa membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah desa setempat, dalam rangka menyukseskan pembangunan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jaga kekompakan, semoga Pati aman, tenteram dan kondusif menjelang tahun politik”, tegasnya.

Sesuai Permendagri RI Nomor 110 Tahun 2016 menyebutkan, BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa.

Selain itu, juga menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Sebagai ‘parlemen’- nya desa, BPD menjadi salah satu bagian instrumen pemerintah ditingkat desa yang memiliki peranan penting dalam penegakan demokrasi sebagai mitra kerja pemerintah desa.

Keberadaan BPD di Kabupaten Pati saat ini sudah mulai mendapat perhatian dari pemerintah daerah maupun legislatif. Dibuktikan dengan dinaikkannya tunjangan kinerja BPD, yang anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Pati.

Silatkab itu sendiri diharapkan menjadi sarana mempererat tali silaturahmi demi memperkokoh persaudaraan antar Anggota BPD, sekaligus sebagai upaya mengembalikan harkat, martabat dan marwah BPD dalam mendukung suksesnya program pemerintah ( is)

You might also like