Pelajar SD Sawahlunto Mewakili Sumbar Pada OSN Dan FLS2N 2023

Daerah
Dilihat 156

Sawahlunto.Kompasnews.
Sebanyak enam orang pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kota Sawahlunto mewakili Provinsi Sumatera Barat ke tingkat nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2023.

Sementara pada ajang Kompetensi Sains Madrasah (KSM), sebanyak dua orang santri MTSN Sawahlunto mewakili Provinsi Sumatera Barat ke tingkat nasional.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Sudirman Ahmad merinci enam pelajar SD tersebut yaitu untuk OSN adalah atas nama Amira Asyifa (SD Negeri 02 Sapan) di bidang Matematika, kemudian Dea Haura Asyifa (SD Negeri 19 Santur) di bidang IPA, setelah itu Moza Afga Callista (MTS Negeri 2 Sawahlunto) di bidang IPS, kemudian Siti Faizah Bernata (SD Negeri 01 Talawi Mudik) di bidang IPA.

“Kemudian untuk FLS2N yaitu atas nama Hanny Yasmina Faiha (SD Negeri 10 Tanah Lapang) pada cabang menyanyi solo, kemudian Affandy Adam (SD Negeri 03 Aur Tajungkang) pada cabang kriya anyam,” ujar Sudirman merinci.

Sementara dua orang santri madrasah Sawahlunto yang lolos pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional adalah Latifa Tuqolbi (MI Lunto) pada bidang Matematika dan Raiga Pangeran Bumi Arion (MI Negeri 2 Sawahlunto) pada bidang IPA.

Para pelajar dan santri tersebut disambut dan diberikan apresiasi serta motivasi oleh Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, di Balaikota, pada Jum’at 11 Agustus 2023.

“Kita sangat bangga dengan prestasi yang berhasil dicapai anak-anak ini, telah membuktikan anak Sawahlunto itu unggul tidak kalah dari daerah lain. Pemko melalui Dinas Pendidikan siap bersinergi dengan pihak sekolah dalam mendukung keikutsertaan anak-anak ini berlomba ke tingkat nasional,” kata Zohirin Sayuti.

Ditambahkan Wawako Zohirin, Pemko Sawahlunto akan memberikan reward (penghargaan) kepada para pelajar dan santri tersebut. Dijadwalkan penghargaan tersebut untuk diserahkan pada Upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 nanti.

Yanto .Kompasnews

You might also like