Puluhan Rumah Warga Terbakar, Prajurit Kodim 0418/Palembang Gerak Cepat Bantu Padamkan Api.

Peristiwa
Dilihat 336

Kompasnews.co.id

Palembang – Mendapatkan laporan adanya kebakaran di wilayah teritorialnya, Komandan Koramil 418-01/Makrayu Kapten Inf Indra Sakti Ritonga bersama Anggota Koptu Sugeng dan Koptu Samsudi, langsung mendatangi serta membantu memadamkan api, Rabu (19/7/2023).

Musibah Kebakaran yang menghanguskan rumah warga ini, terjadi di Jalan Pangeran Ing Lautan Lorong Masjid Rohmaniyah RT 01, RT 02 dan RT 29 Kelurahan 36 Ilir Kecamatan Gandus Kota Palembang.

Danramil 418-01/Makrayu Kapten Inf Indra Sakti Ritonga mengatakan, musibah kebakaran ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dan telah menghanguskan 16 bedeng dan 19 rumah warga.

“Adapun korban akibat kebakaran ini sebanyak 35 KK (140 orang), yaitu di RT 01 16 KK (70 orang), RT 02 7 KK (23 orang), RT 29 3 KK (14 orang) dan rumah pribadi 9 KK (33 orang),” jelas Danramil.

Kapten Indra menuturkan, berdasarkan keterangan dari para warga, sumber api berasal dari bedeng milik salah satu warga bernama Bapak Firman dan sebelum terjadinya kebakaran, warga mendengar adanya ledakan.

“Ledakan tersebut berasal dari alat Set Top Box (STB) dan tidak lama setelah ledakan timbulah api. Saat itu bedeng milik Bapak Firman sedang kosong ditinggal penghuninya,” ujar Danramil.

Lanjut Kapten Inf Indra, sekitar pukul 12.30 WIB api sudah dapat dipadamkan oleh gabungan PBK dari Kecamatan Gandus, PBK Merdeka, Kemuning, Alang Alang Lebar, SU 1, SU 2 Palembang sebanyak 15 unit bersama Babinsa Koramil 418-01/Makrayu dan warga.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini dan kerugian yang dialami warga akibat kebakaran ini diperkirakan Rp. 1 Miliar,” imbuh Danramil.

Kapten Inf Indra menambahkan, terkait terjadinya kebakaran ini, kita mengingatkan kepada warga agar selalu mengecek semua instalasi listrik, alat elektronik dan kompor sebelum pergi meninggalkan rumah.

“Pastikan semuanya aman dan hal tersebut dipenting dilakukan, untuk mencegah terjadinya kebakaran,” pungkas Danramil. (KASIM)

You might also like