Tim SAR Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro jaya Lakukan Patroli di 2 Kecamatan Wilayah Kabupaten Bekasi, Agar Bisa Memberikan Rasa Aman

Daerah
Dilihat 103

Kompasnews.co.id

Kab-Bekasi Personil SAR Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya melaksanakan patroli di dua Kecamatan wilayah Kabupaten Bekasi.

Kedua wilayah tersebut diketahui rawan mengalami bencana banjir dan puting beliung ketika hujan mengguyur terus menerus.

Dalam pantauan media, personil SAR Team A dipimpin Ipda Sangga Hendrata melaksanakan patroli ke Kampung Cabang Dua, Desa Lenggah Sari Kecamatan Cabang Bungin Cabangbungin Kabupaten Bekasi lantaran wilayah tersebut terendam banjir hingga setingga badan orang dewasa.

“Kita melaksanakan patroli SAR dengan sasaran wilayah yang rawan banjir di RT 11 Kampung Cabang Dua, Desa Lenggah Sari Kecamatan Cabang Bungin Cabangbungin Kabupaten Bekasi,” kata Komandan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya AKBP Budi Prasetya, S.I.K., M.Si melalui Wadanyon AKP Imran, S.H., M.Si kepada wartawan, Kamis (02/03/2023) sore.

Menurutnya, selain melakukan patroli SAR, petugas mendirikan tenda untuk posko dapur umum di 2 titik banjir wilayah tersebut.

“Patroli SAR ini dilaksanakan mengingat curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang sering terjadi di wilayah ini,” Terang AKP Imron.

Dengan adanya siaga dan patroli SAR, lanjut AKP Imron, petugas diharapkan dapat cepat tanggap dalam melaksanakan kegiatannya perbantuan SAR bencana walaupun dalam kondisi mendadak.

“Kita siap dengan segala peralatan yang ada, kita akan siap, cepat, dan tanggap. Ini penting agar jika terjadi bencana mendadak, personil SAR sudah siap di lapangan untuk membantu masyarakat yang terdampak,” jelasnya.

Lanjut AKP Imron, terkait penanggulangan bencana pihaknya terus bekerjasama dengan pihak terkait seperti BPBD, Bazarnas dan masyarakat.6 Hal itu bertujuan untuk menjalin kerjasama yang baik guna mencapai tujuan bersama yaitu melakukan tindakan penanggulangan bencana alam.

Selain melakukan patroli SAR di Desa Lenggah Sari Kecamatan Cabang Bungin Cabangbungin Kabupaten Bekasi, lanjut AKP Imron, Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya juga melakukan Patroli SAR di Desa Sumber Jaya Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

“Desa Sumberejo Jaya Tambun Selatan rawan terjadi bencana angin puting beliung ketika curah hujan tinggi sehingga kami merasa perlu untuk berjaga-jaga di wilayah tersebut,” jelas AKP Imron.

Dalam aksi tersebut, petugas ikut membersihkan pohon-pohon yang tumbang dan dianggap membahayakan warga.

Tak hanya itu, petugas SAR juga merobohkan bangunan tembok sisa dari imbas angin puting beliung dan membersihkan jalan di gang-gang kecil dari puing-puing bangunan guna memperlancar arus lalu lintas pejalan kaki masyarakat.

“Kami menghimbau kepada warga agar selalu siaga terhadap situasi alam seperti angin dan curah hujan yang tinggi guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan”.

“Alhamdulillah, lokasi yang kami jaga steril dari bangunan rawan roboh dan pemerintah melalui Bazarnas bersedia melakukan perbaikan terhadap bangunan rumah warga yang roboh,” pungkasnya.(KASIM)

You might also like