Zoom Meeting dengan Pemko Batam bakal tindaklanjuti arahan Presiden

Daerah
Dilihat 114

Batam, kompasnews.co.id- Pemerintah Kota (Pemko) Batam hadir langsung pada acara zoom meeting diskusi dengan Kementerian PAN-RB tentang pembahasan praktik-praktik baik (Best Practices) dalam Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) dan Pengendalian Inflasi dalam RB Tematik.

Zoom meeting tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Jefridin didampingi oleh Firmansyah Asisten Ekbang sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Sebagaimana diketahui sesuai arahan Presiden Joko Widodo, reformasi birokrasi akan difokuskan untuk mendukung sejumlah agenda prioritas pemerintah.

Terdapat empat fokus, yaitu penurunan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi layanan dan prioritas aktual Presiden berupa belanja produk dalam negeri dan pengendalian inflasi.

“Tentu apa yang menjadi arahan pemerintah pusat akan kita laksanakan dan tindaklanjuti,” kata Jefridin, Jumat (24/2/2023).

Dicontohkannya seperti halnya terkait dengan pengendalian inflasi, selama ini Pemko Batam terus berupaya untuk menekan angka inflasi. Meskipun bukan daerah penghasil, tapi sejauh ini inflasi dapat terkendali dengan baik.

Di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, ada sejumlah langkah yang dilakukan untuk dapat menekan angka inflasi Kota Batam. Jefridin bersyukur langkah-langkah tersebut cukup berhasil.

“Alhamdulillah seperti di bulan Januari lalu, inflasi kita Kota Batam terendah di Sumatera,” katanya.

Adapun beberapa langkah yang selama ini dilakukan pihaknya diantaranya adalah menggelar pasar murah, dimana bekerjasama dengan para distributor bahan-bahan pokok yang ada di Kota Batam.

Kemudian, Pemko Batam juga menganggarkan Bantuan Tunai Langsung (BLT), melalui anggaran APBD Kota Batam. BLT ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Upaya lainnya adalah memperkuat kerjasama dengan daerah-daerah penghasil. Sehingga suplai kebutuhan pokok dapat terpenuhi,” katanya.(Al siregar)

You might also like