Grebeg Suro Dengan Tajuk “Sesaleh Marang Leluhur Nyadong Berkahe Gusti” di Desa Pagerharjo

Daerah
Dilihat 230

Jateng – Pemerintah Desa Pagerharjo menggelar acara tradisi budaya Grebeg Suro, Pembukaan acara Grebeg Suro sangat meriah, di hadiri oleh pejabat pemerintah, Riyoso mewakili Pejabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, serta segenap jajaran pemerintah desa Pager Harjo dan seluruh lapisan masyarakat .
Grebeg Suro itu sendiri bertajuk ” Sesaleh Marang Leluhur Nyadong Berkahe Gusti” di desa Pagerharjo kecamatan Wedarijaksa kabupaten Pati Jawa Tengah, yang dilaksanakan pada hari Rabu 19 Juli 2023 yang bertepatan pada tanggal 1 Muharram atau 1 Suro dalam hitungan Kalender Jawa, adalah suatu rangkaian acara tradisi budaya Tahunan dalam bentuk wujud syukur pada sang pencipta.

Kepala desa Pager Harjo Iwan Harnoto mengungkapkan,” bahwa acara 1 Muharam atau 1 Suro tersebut akan menjadi acara tahunan, adapun acara tersebut meliputi kirab budaya berupa gunungan dari hasil bumi, untuk acara arak arakan itu sendiri start di mulai dari Punden Prapean sampai Punden Pajaran . Acara tersebut mempunyai simbol atau arti rasa syukur kepada sang pencipta atas berkahnya, mudah mudahan warga kami senantiasa diberikan kesehatan, ketentraman serta kemakmuran dari hasil bumi yang melimpah, baik sektor pertanian maupun yang lain lainnya.

Masyarakat desa pager harjo sangat antusias dan penuh khidmat mengikuti acara tersebut, acara grebeg Suro sangat meriah dan semoga menjadi contoh bagi desa desa yang lain dalam rangka melestarikan serta menguri uri budaya leluhur khususnya budaya yang ada di jawa,” pungkasnya. ( Eko,is )

You might also like