Henggar Sebut; Kenaikan Harga Beras dan Gula Masih Wajar

Daerah
Dilihat 141

Bertempat di Pasar Sleko dan Pasar Puri Baru, Pj Bupati Pati bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta sejumlah dinas terkait lainnya, Kamis (21/9) melakukan pengecekan harga barang Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas).

Henggar menjelaskan bahwa di Pasar Sleko maupun Pasar Puri Baru harga komoditas beras dan gula pasir cenderung ada kenaikan. Akan tetapi, lanjutnya, kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar. 

Ia menyebutkan bahwa beras medium rata-rata harganya bervariasi antara Rp 13 ribu hingga Rp 14 ribu per kilogram. Adapun beras yang premium berada pada kisaran Rp 15 ribu sampai Rp 16 ribu per kilogram.

“Sedangkan harga-harga lainnya, malah cenderung sedikit turun. Seperti pada bumbu dapur, bawang merah, bawang putih, dan cabai yang harganya saat ini cenderung masih stabil”, tambahnya.

Diakui Pj Bupati, memang ada sedikit kenaikan akan tetapi prinsipnya tidak ada masalah karena masih dalam batas-batas yang wajar.

Setiap Jumat, imbuhnya, Dinas Ketahanan Pangan bersama Bulog mengadakan pasar murah, yang menjual beras medium  dengan harga Rp 10.800 per kilogram. Demikian halnya dengan gula yang dijual dengan harga di bawah harga pabrik.

Kepala Disdagperin Pati mengaku, dalam sebulan terakhir ini, memang harga sejumlah komoditas Kepokmas mengalami kenaikan. Ini dipengaruhi oleh luas panen untuk cadangan pangan yang agak berkurang pungkasnya( wwhyu )

You might also like