Kabupaten Pati Raih Opini WTP Ke 8 Berturut turut

Daerah
Dilihat 127

PATI,Selasa-16- mei-2023 Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2022 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Predikat WTP ini, diraih Kabupaten Pati untuk ke delapan kalinya secara berturut-turut.

Opini ini diberikan oleh Ketua BPK RI perwakilan Jawa Tengah di gedung BPK RI Perwakilan Jawa Tengah lantai 3 Semarang, Selasa sore (16/5).

Turut Hadir Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin, Sekda Pati, Inspektur Daerah Kabupaten Pati, Kepala BPKAD. Selain Kabupaten Pati, terdapat 6 kabupaten lain yang hadir diantaranya Kabupaten Cilacap, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Sukoharjo.

Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah Hari Wiwoho menyampaikan ucapan selamat atas capaian pemkab yang hadir dalam mempertahankan opini. Artinya seluruh kabupaten dapat mempertahankan opini seperti tahun sebelumnya.

Hari Wiwoho berharap hasil pemeriksaan yang disampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban laporan APBD.
“Dan komitmen dalam mendukung pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Kesempatan ini, Kepala BPK Perwakilan Jateng juga memberikan apresiasi pada apa yang pemerintah kabupaten lakukan untuk mengelola keuangan secara akuntabel. Ia menyebut, hal itu tidak bisa lepas dari peran kerjasama DPRD.
“Kami berharap pimpinan dan anggota DPRD menggunakan informasi dari LHP untuk mendorong pemerintah daerah agar lebih meningkatkan pengelolaan yang transparan dan akuntabel,” harapnya.

Ia berpesan agar pengelolaan APBD yang transparan dan akuntabel dapat diwujudkan dengan kesejahteraan masyarakat yang merata.

Pj Bupati Pati saat diwawancarai mengatakan bahwa Kabupaten Pati mendapatkan Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Jawa Tengah.

“Tentunya apa yang sudah kita siapkan dan sudah diaudit oleh temen temen dari BPK ini adalah suatu kebanggaan bagi kita semua di wilayah Pati,” ujarnya.

Ia berharap apa yang sudah diperoleh ini harus dapat dipertahankan dan ditingkatkan kembali.
“Kali ini Kabupaten Pati memperoleh 8 kali WTP secara berturut-turut, jadi apa yang sudah dikerjakan temen temen semua ini keren,”imbuhnya ( wwhyu )

You might also like