NAGARI SINURUIK MEMPERINGATI HARI TAHUN BARU ISLAM, BERSAMA MAHASISWA KKN PPM UNAND PADANG. DI KECAMATAN TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT.

Daerah
Dilihat 212

KOMPASNEWS.CO.ID Selasa tanggal 25 Juli 2023, kelompok KKN PPM dari universitas Andalas Padang yang di bimbing oleh Dr.Edi Hariyanto,s.e.,m.si. dan masyarakat dari jorong benteng bersama jorong kemajuan, kenagarian SINURUIK melakukan pawai obor dalam rangka memperingati tahun baru Islam.

Semarak nya acara pawai obor tersebut dimulai dari persiapan pelaksanaannya. pada saat persiapan nya, para pemuda pemudi dan mahasiswa KKN bergotong royong dalam mencari bahan bahan yang di perlukan. Seperti bambu, sabut kelapa, dan kertas alumunium.

Masyarakat dan mahasiswa KKN saling bahu membahu dalam membagi tugas pada saat pencarian bahan bahan untuk pembuatan obor. Tidak itu saja, pada proses pembuatan pun antara masyarakat dan mahasiswa KKN bersama sama mengerjakan nya.setelah selesai mencari bambu.

Pemuda pemudi dan mahasiswa KKN melakukan makan bersama di posko KKN, yang bertepatan di jorong benteng. Setelah makan bersama, pemuda dan pemudi mahasiswa KKN mulai melanjutkan Goro kembali diarea mesjid raya SINURUIK. lebih kurang 500 batang obor yang di siapkan oleh dua jorong tersebut.

Pawai yang di adakan setelah sholat magrib, yang di mulai star dari jorong benteng dan bergabung dengan masyarakat dari jorong kemajuan yang membuat acara nya semakin semarak. rute yang di tempuh untuk pawai obor ini di seputaran nagari SINURUIK dengan jarak tempuh lebih kurang 5km, meriahnya pawai obor yang di laksanakan oleh mahasiswa bersama masyarakat nagari SINURUIK.

Masyarakat nagari SINURUIK masih menjunjung tinggi sifat kebersamaan dan gotong royong yang membuat acara pawai obor tersebut menjadi ramai dan meriah. Arak arakan yang sangat panjang juga menambah kesan meriah dari acara pawai obor ini.

Dari mulai anak anak kecil sampai orang dewasa ikut serta berpartisipasi dalam acara ini. tidak hanya meriah, pawai obor juga salah satu bentuk terjalin nya silaturahmi yang baik antar masyarakat. karena pada saat pawai obor tersebut, kita akan berbaur dengan masyarakat. Akan ada sapa menyapa antara satu dengan yang lain, yang membuat silahturahmi tetap terjalin.

Sifat kebersamaan yang masih kental di dalam masyarakat, membuat acara satu Muharam ini menjadi tambah meriah dan semarak. Setelah selesai melakukan pawai keliling nagari SINURUIK, selanjutnya masing masing jorong kembali menuju ke arah jorong nya masing-masing. Setibanya di titik kumpul awal, akan ada pembagian konsumsi dari pania nya.

Pembagian konsumsi di mulai dari anak-anak, agar menjadi semangat atau sebagai reword buat mereka yang telah mau ikut serta dan bersemangat untuk memeriahkan acara obor tersebut. Setelah selesai pembagian konsumsi, maka berakhirlah acara pawai obor tersebut, (Kabiro kabupaten Pasaman Barat, Dedi syahrial)

You might also like